Kamis, 09 November 2017

Green School Festival

Green School Festival adalah acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan kota Malang dengan tujuan membuat lingkungan yang lebih asri dan lebih indah. Acara ini baru mulai dicanangkan di tahun 2017. Namun, Dinas Pendidikan berencana untuk mengadakan acara ini setiap tahun. Salah satu hal yang diutamakan dalam Green School Festival adalah menjamin kesehatan siswa dan mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan di sekolah. Tentunya hal ini akan berujung baik pada kondisi lingkungan yang mulai memburuk.

SMPK Santa Maria II Malang turut berpartisipasi dalam acara Green School Festival ini. Salah satu caranya yaitu dengan memperbaiki pelayanan di kantin SMPK Santa Maria II Malang. Hal yang diutamakan adalah mengubah makanan yang dibungkus dengan mika plastik diganti menjadi kardus sehingga makanan akan bertahan lebih lama atau tidak cepat busuk dan mengurangi limbah sampah yang tidak bisa diuraikan. Selain mika plastik sebagai pembungkus makanan, sekolah ini juga mengganti sendok plastik yang disediakan di kantin untuk makan siswa dengan sendok besi. Sendok besi ini dibuat dengan tujuan untuk membuat siswa menjadi lebih sehat.



Selain itu, SMPK Santa Maria II Malang juga membuat tempelan-tempelan di dinding-dinding di beberapa kelas yang berupa himbauan. Himbauan tersebut salah satunya adalah "Save Energy - Turn Off the Lights". Artinya adalah "Simpan Energi - Matikan Lampu". Maksudnya jika di siang hari dalam keadaan terang, kita tidak perlu menyalakan lampu untuk penerangan. Akan tetapi, sinar matahari dari luar sudah cukup untuk menerangi sebauh kelas. Jika belum terbiasa bekerja dalam keadaan mati lampu, bisa dilakukan dengan cara meredupkan beberapa lampu terlebih dahulu baru mematikan semua lampu.

Hasil gambar untuk lampu

Di pagar warna-warni di SMPK Santa Maria II Malang juga diberi hiasan dari tanaman yang ditanam dalam sebuah pot bunga. Pot-pot bunga tersebut disusun membentuk tulisan SM2 dengan cara dimasukkan di sela-sela pagar. SM2 merupakan singkatan dari Santa Maria 2 yang merupakan nama sekolah tersebut. Selain menambah keindahan, juga membuat lingkungan lebih asri. Suasana akan lebih sejuk dengan kehadiran banyak tanaman.

Selain itu, toilet SMPK Santa Maria II Malang juga mengalami pembenahan yang besar. Biasanya toilet di sekolah tersebut sangat bau karena ada banyak siswa yang tidak menyiram bekas mereka. Tetapi, sekarang toilet lebih sering dibersihkan dan diberi pengharum ruangan sehingga toilet berbau lebih harum. Para siswa juga disadarkan akan pentingnya menyiram buang air kecil atau buang air besar mereka.

0 komentar:

Posting Komentar